Perbedaan Scaling & Dental Spa Gigi di Signature Dental Care, BSD

perbedaan scaling dental spa gigi di signature dental care bsd 1

Dalam menjaga kesehatan gigi, diperlukan beberapa hal yang harus dilakukan secara rutin, seperti menggosok gigi, flossing, berkumur, dan juga check up berkala ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Saat melakukan check up, nantinya pasien akan di cek kondisi kesehatan gigi dan mulutnya dan disarankan untuk melakukan treatment yang sesuai. Treatment yang paling sering dianjurkan kepada pasien biasanya adalah scaling dan dental spa. Scaling dan dental spa ini sendiri sering dianggap sama, namun nyatanya mereka adalah dua treatment yang berbeda namun saling melengkapi dan sebaiknya dilakukan secara bersamaan.

Table

Perbedaan Scaling & Dental Spa Gigi di Signature Dental Care, BSD

Apa scaling gigi itu?

Scaling gigi merupakan salah satu treatment pembersihan gigi dengan cara menghilangkan karang yang menumpuk pada permukaan gigi. Plak pada gigi akan terkalsifikasi dan akan membentuk karang gigi. Karang gigi dapat menumpuk disebabkan karena kebiasaan mengunyah pada satu sisi. Selain itu sisa makanan akibat pembersihan yang tidak benar, tidak rutin menggosok gigi, tidak rutin flossing, dan tidak rutin berkumur terutama setelah makan juga dapat memicu munculnya plak dan karang gigi.

Akibat penumpukan karang atau plak gigi

Plak dan karang gigi yang dibiarkan menumpuk tentu akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan gigi dan mulut, seperti:

• Iritasi atau radang pada gusi

Karang gigi atau plak gigi yang muncul di atas garis gusi dapat menyebabkan terjadinya iritasi atau radang pada gusi. Hal ini disebabkan karena bakteri pada karang gigi yang dapat menimbulkan radang gusi atau gingivitis. Pembengkakkan ini dapat memicu perdarahan pada saat sikat gigi.

• Kerusakan tulang dan gigi goyang

Penumpukan karang gigi juga dapat mengakibatkan terjadinya radang gusi (gingivitis). Jika dibiarkan dalam jangka waktu panjang, gingivitis ini dapat berkembang menjadi periodontitis di mana hal tersebut akan menyebabkan kerusakan tulang hingga menjadi kegoyangan gigi dan jika dibiarkan berlama-lama maka gigi akan tanggal.

• Memicu penyakit jantung dan stroke

Karang gigi ternyata juga dapat memicu penyakit jantung dan stroke. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah dalam rongga mulut berhubungan dengan jantung di mana bakteri tersebut akan tersebar dari rongga mulut ke tempat yang jauh mengikuti aliran darah ke jantung dan sistem saraf pusat. Hal ini dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke yang disebut dengan infeksi fokal (focal infection).

Apa itu dental spa?

Ternyata bukan hanya tubuh atau kepala saja yang butuh untuk dirawat, tapi gigi dan mulut juga perlu untuk di ‘spa’. Istilah dental spa memiliki arti sebagai treatment untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Dental spa berfokus untuk membersihkan gigi dari stain yang antara lain diakibatkan oleh kopi, teh, rokok, dan lain-lain. Inilah mengapa scaling dan dental spa sering dianggap sebagai treatment yang sama, padahal sejatinya mereka adalah treatment yang berbeda namun saling melengkapi dan sebaiknya dilakukan secara bersamaan.

Apa saja manfaat dental spa?Perbedaan Scaling & Dental Spa Gigi di Signature Dental Care, BSD

Dental spa tentu saja memiliki aneka ragam manfaat yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut seperti:

1. Membersihkan noda pada gigi (kopi, teh, rokok, dan lain-lain)
  2. Nafas lebih segar.
  3. Merawat dan menjaga kesehatan gigi.
  4. Meningkatkan estetika gigi.

Perbedaan scaling dan dental spa

• Proses

Pada scaling, proses pembersihan karang gigi dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang disebut scaler ultrasonik. Scaler sangat efektif saat digunakan untuk membersihkan dan memecahkan karang gigi mulai dari karang gigi yang sedikit hingga banyak.

Dental spa menggunakan berbagai alat dan bahan, di mana dilakukan setelah pembersihan karang gigi untuk menghilangkan noda yang tidak bisa dihilangkan oleh scaler ultrasonik.

• Biaya

Untuk biaya scaling dan dental spa dapat dikonsultasikan terlebih dahulu kepada klinik gigi yang dituju. Namun pada umumnya, scaling memiliki biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan dental spa dikarenakan prosesnya yang tidak terlalu rumit.

• Tujuan

Dari tujuan utama, sebenarnya kedua treatment ini sama-sama dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Namun jika dirinci lebih jelas, scaling dilakukan untuk menghilangkan plak atau karang pada gigi. Sementara dental spa dilakukan untuk membuat gigi tampil lebih estetik karena tidak bernoda.

• Durasi treatment

Untuk durasi treatment, tergantung pada kondisi karang dan stain gigi masing-masing pasien.

Sekarang sudah tahu kan apa bedanya scaling dengan dental spa? Jika kamu mencari klinik scaling dan dental spa terbaik di BSD, langsung saja datang ke Signature Dental Care. Di Signature Dental Care terdapat layanan scaling dan dental spa yang lengkap, menggunakan bahan kualitas premium dan ditangani oleh dokter profesional dan berpengalaman. Booking jadwal reservasi mu sekarang juga.

Jika Anda ingin mengetahui artikel lain yang serupa dengan Perbedaan Scaling & Dental Spa Gigi di Signature Dental Care, BSD Anda dapat mengunjungi kategori Kesehatan Gigi.